Kamis, 26 Juli 2018

/

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Sangkuriang


Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Sangkuriang –  Ikan lele sangkuriang memiliki nama latin atau ilmiah Clarias gariepinus  yang merupakan salah satu spesies kerabat dari lele dumbo. Namun, memiliki perbedaan atau keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo yaitu frekunditas telur lele sangkuriang lebih banyak.
Klasifikasi dan morfologi ikan lele sangkuriang
Keunggulan yang cukup penting ikan lele sangkuriang adalah nilai konversi pakan atau FCR cukup terbilang rendah dibandingkan dengan lele dumbu yaitu berkisar 0,8-1 sedangkan untuk lele dumbu lebih dari 1 (Krairuman dan Amri 2008).
Klasifikasi ikan lele sangkuriang  menurut  Kordi, (2010) dapat dilihat berdasarkan tingkatannya adalah sebagai berikut:
Phylum: Chordata
Kelas: Pisces
Subkelas: Teleostei
Ordo: Ostariophysi
Subordo: Silorodae
Famili: Claridae
Genus: Clarias
Spesies: Clarias gariepinus
Morfologi Ikan Lele sangkuriang
Secara umum, ikan lele sangkuriang dikenal sebagai ikan yang berkumis (catfish), tubuh berlendir dan tidak memiliki sisik serta mulut cukup lebar, yakni ¼ dari panjang tubuhnya. Ciri khas lele sangkuriang adalah memiliki empat pasang sungut yang terdapat di mulutnya. Keempat pasang sungut tersebut terdiri dari dua pasang sunggut rahang atas ( maxiral) dan dua pasang sungut bawah (mandibula) (Lukito, 2002).
Manfaat atau fungsi dari sungut bawah adalah sebagai alat peraba ketika berenang dan sebagai sensor pencari makan. Sirip pada lele sangkuriang terdiri dari lima bagian yaitu sirip dada, sirip perut, sirip dubur, sirip ekor dan sirip punggung. Pada bagian sirip dada ini terdapat patil yang cukup keras berguna untuk perlindungan diri (Lukito, 2002).

Posted by 

No comments

Edit

0 komentar:

Posting Komentar

ADs

Blog Archive

telusuri klasifikasi dan morfologi ikan lainya

Postingan Populer

translate

PENGUNJUNG BLOGGER

tentang blog

berisikan konten tentang morfologi dan klasifikasi ikan air tawar dari berbagai jenis

About