Kamis, 09 Agustus 2018

/


Klasifikasi dan Morfologi Ikan Teri












Secara sistematika ikan teri ini dapat diklasifikasikan dan morfologikan menurut Saanin, 1984 adalah sebagai berikut :



Klasifikasi ikan teri

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Malacopterygii
Famili : Clupeidae
Genus : Stolesphorus
Spesies : Stolephorus Sp.

Morfologi Ikan teri

Ikan teri ini memiliki bentuk memanjang dengan panjang tubuh sekitar 145 mm bahkan juga akan mencapai 5 cm, ikan ini memiliki bentuk kecil dan agak pipih. Bagian kepala ikan ini berbentuk bulat memanjang dengan diameter 2-3 mm, di lengkapi dengan insang dibagian kepala dan juga mata bulat berwarna kehitaman.
Bagian tubuh memanjang dilengkapi dengan adanya garis berwarna perak memanjang mulai dari pangkal kepala hingga pangkal ekor. Pangkal ekor ikan ini berbentuk kerucup atau meruncing dengan panjang 2 – 3 mm bahkan lebih. Berat rata – rata ikan teri ini berkisar 2-3 gram bahkan lebih tergantung dengan jenis dan variatesnya.

Komposisi kmia dan kandungan gizi ikan teri

Ikan teri ini memiliki kandungan protein, mineral, vitamin, dan zat besi yang dapat berguna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan. Kandungan protein ini tersusun dari beberapa asam amino esensial, komposisi ikan teri ini akan dipengaruhi olah faktor utama intrinsik dan eksterinsik. Faktor interinsik ini berupa jenis ikan, umur dan jenis kelamin, sedangkan faktor eksterinsik lingkungan, musiman dan jenis makanan yang dikonsumsi ( Fauzi dkk )
Menurut BKKP, 2012 komposisi ikan teri kering tersusun dari protein 68,7 %, lemak 4,2 %, air 16,7 %, Fosfor 225 mg, kalisum 1,20 mg dan zat besi 23,4 mg.
sumber: http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-teri/

Posted by 

No comments

Edit

0 komentar:

Posting Komentar

ADs

Blog Archive

telusuri klasifikasi dan morfologi ikan lainya

Postingan Populer

translate

PENGUNJUNG BLOGGER

tentang blog

berisikan konten tentang morfologi dan klasifikasi ikan air tawar dari berbagai jenis

About